UKHUWAH FAIR 2012 Ulurkan Tangan, Rapatkan Barisan, Sambut FKIP Bersinar

  • 0

UKHUWAH FAIR 2012 Ulurkan Tangan, Rapatkan Barisan, Sambut FKIP Bersinar

Category : UMUM

The Biggest event of this year comes back…

Ukhuwah Fair adalah agenda besar tahunan yang dilaksanakan oleh SKI FKIP UNS. Agenda ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang dimulai dari tanggal 4 Juni-23 Juni 2012. Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam UF yaitu Forum Ukhuwah, Forum Alumni, Donor Darah dan Bedah Buku. Semua acara tersebut dimaksudkan untuk semakin mempererat jalinan silaturahim antara SKI dengan Keluarga Besar Mahasiswa FKIP, termasuk HMP, HMJ, UKM dan mahasiswa umum.

Dengan mengangkat tema “Ulurkan Tangan, Rapatkan Barisan, Sambut FKIP Bersinar”, agenda UF berusaha mencakup ranah kepedulian sosial, sinergisitas antar lembaga, dan aspek pendidikan. Melalui agenda ini, SKI mengajak seluruh komponen mahasiswa di FKIP untuk semakin memantapkan posisi sebagai cendekia muda yang cerdas dan peka terhadap kondisi sekitar.

Forum Ukhuwah

Aku ada diantara kamu karena kita AUTIS (Ada Untuk Teman Itulah Sahabat)

Forum ukhuwah merupakan agenda pertama yang membuka Ukhuwah Fair. Diawali dengan agenda Pra-Forum Ukhuwah pada tanggal 4 Juni 2012 sebagai agenda sosialisasi UF dan pengakraban SKI dengan HMP/HMJ/UKM. Acara dimulai jam 16.30 wib, seperti pembukaan di acara lain, ada pembacaan ayat Alquran oleh akh Sidiq dan dilanjutkan sambutan ketua umum SKI akh Bayu.

Inti meningkatkan silaturahmi dan menyambung ukhuwah antara SKI dengan HMJ, HMP dan UKM di FKIP UNS. Ada sekitar 36 peserta yang datang dari berbagai HMJ, HMP dan UKM di FKIP UNS. Acara selanjutnya jam 04.43 materi motivasi dari  akh Ardi Amsir Amron, Pend.Teknik Sipil FKIP UNS dengan moderator akh Angga. Materi diawali dengan sebuah ungkapan ironi, “Alkisah disebuah daerah, kondisi masyarkat dengan keadaan cerdas tapi terbelakangan dalam hal “ manusia tapi tidak ada perannanya”. Kemudian ada bangunan bernama ka’bah yang diperebutkan. Ka’bah dulu adalah gudang senjata kristen. Ka’bah menjadi simbol kemuliaan suku barang siapa yang mrnguasai ka’bah dianggap sebagai suku yang berkuasa. Ka’bah dahulu putih tapi konon ka’bah menyerap dosa para manusia yang mencium hajar aswat. dahulu kaum yang menang berhak berhak meletakan hajar aswad dimana mereka inginkan dan pemenangnya adalah kaum Rasululloh namun beliau memberi kesempatan kepada kaum lain untuk bersama-sama untuk meletakan hajar aswad itulah ukhuwah yang di diajarkan Rosullullah.

“sesungguhnya orang-orang beriman beramal shalih, kelak Ar Rahman akan menanamkan dalam hati mereka rasa kasih sayang”.QS Maryam: 96)

“sesungguhnya orang-orang mukmin itu saudara, maka damaikankah diantara kedua saudaramu, dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat” (QS. Al. Hujarat:10).

Rasulullah bersabda;

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam cinta mencintai, sayang menyayangi dan bantu membantud diantara sesamanya laksana sebuah jazat. Apabila salah satu bahiannya sakit, yang lain tidak bisa tiur dimalam hari dan menggigil demam”

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,”mereka yang saling mencintai karena Keaggunganku mempunyai mimbar-mimbar dari cahaya yang diinginkan oleh para nabi dan …..”

Selanjutnya, pemateri memberikan kisah hijrah musa 3 musafir. Ketika musyafir telah berada dititik dimana mereka hampir tidak kuat dalam kehausan, datanglah musyafir yang masih memiliki sekantung air. Dan memberi mereka air. Pengembara 1 diberi air namun pengendara tidak mau dia berkata saya tidak mau minum karena tenman saya disana lebih membutuhkan. Pengembara yang kedua juga sama pengembara yang ke 3 lebih membutuhkannya namun, kemudian pengembara tersebut menndekati musyafir ketida namun telah meninggal, pengembara yang ke dua didekati namun pengembara kedua telah meninggal juga, kemudian pengembara yang pertama juga telah meninggal begitulah pengorbanan kepada teman.

Pada intinya, materi motivasi tersebut ditujukan sebagai pengantar bahwa kepedulian terhadap sesama itu sangat penting. Apa gunanya sebuah kecerdasan dan intelektual bila hanya disimpan dan tidak diaplikasikan untuk membantu orang lain. Maka, ilmu tersebut akan embeku, tidak berarti dan akhirnya menjadi usang. Setelah itu, ada sosialisasi agenda Forum Ukhuwah yang bertema “Aku ada diantara kamu karena kita AUTIS (Ada Untuk Teman Itulah Sahabat)”. Disini dipaparkan bahwa agenda Social care: Gerakan Sosial FKIP untuk Autis merupakan agenda bersama yang memerlukan partisipasi galang dana dari sahabat-sahabat HMP/HMJ/UKM. Akhirnya, acara pra-forum ditutup dengan buka bersama, makan-makan dan pengakraban.

Social Care: Gerakan Sosial FKIP untuk Autis

Sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap keberadaan anak-anak yang berkebutuhan khusus, SKI bersama teman-teman.

Kamis, 14 Juni 2012

Acara dimulai sekitar pukul 16.15 sampai menjelang adzan Maghrib

•           Susunan Acara:

1.         Pembukaan oleh pembawa acara Akh Tulus

2.         Acara inti yaitu bermain bersama dengan anak autis seperti: Joget bareng, menyanyi bersama, membuat pesawat dari kertas origami dan pembagian bingkisan

3.         Penutup oleh Ketua Umum SKI FKIP UNS 2012

4.         Penyerahan kenang-kenangan kepada Yayasan SLB YBA

•           Pesan kesan dari peserta:

1.         Seneng bisa maen+ngobrol bareng anak-anak yayasan

2.         Mendapat sambutan baik dari yayasan & anak-anak

3.         Anak-anak yayasan mau terbuka dg kita

untuk kiriman dik yesi q belum lihat….mungin di tambahi keceriaan adik2adik, keantusiasan teman-teman qita dan keramahan dan kehangatan keluarga sekolah dan keluarga adik2 membuat acara semakin mengena….teman-teman yang ikut sangat tersentuh dan banyak yang meminta untuk diadakan lagi suatu saat


Leave a Reply