JURUS SKI#4 (KAJIAN PENGURUS SKI)

Tema               : Look Inside, Get Motivated

Pembicara        : Akhuna Ardi Amsir Amran

Waktu             : Kamis, 11 September 2014 pukul 16.00 s/d selesai

Tempat            : Ruang Diskusi NHIC

 

Ukhuwah adalah nikmat paling nikmat di dunia, karena yang membuat dunia indah adalah orang-orang di sekitar kita. Manusia menjadi baik karena lingkungannya. Baik atau tidaknya manusia  80%-nya ditentukan oleh lingkungan (eksternal), sedangkan kondisi internal hanya mempengaruhi 20%. Contoh : Anak ustadz tidak selalu menjadi orang baik, ada juga anak seorang ustadz tetapi perilakunya jauh dari norma-norma agama. Itu semua karena lingkungan yang tidak kondusif.

Tujuan dibentuknya LDK adalah suplai alumni yang berafiliasi kepada Islam dan optimalisasi peran kampus dalam upaya mentransformasi masyarakat menuju masyarakat Islami.

Kampus adalah tempat paling efektif untuk menjebak seseorang dalam kebaikan, karena :

  1. Mahasiswa tinggal jauh dari orang tua kurang akan kasih sayang, sehingga sebagai aktivis dakwah kita dapat memanfaatkan agar mereka lebih dekat dengan lingkungan-lingkungan yang Islami, misalnya masuk dalam LDK, salah satunya dengan memberikan perhatian.
  2. Kampus adalah waktu paling luang dan panjang

Manfaatkan waktu luang yang dimiliki oleh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang kesehariannya hanya kampus, kos dan makan. Manfaatkan waktu tersebut untuk mengajak mahasiswa lain untuk mengikuti kajian, dll.

  1. Kampus adalah tempat seseorang mencari kedewasaan, ingin memiliki kepribadian yang lebih matang/menemukan jati diri

Seseorang yang ingin menemukan jati diri harus berada pada lingkungan yang benar-benar kondusif/tidak melenceng dari norma. Kita dapat memberikan lingkungan yang terkondisikan kepada mahasiswa yang sedang mencari jati diri, sehingga dia menemukan jati diri yang sesungguhnya.

  1. Kampus menjadi tempat saling bertukar pikiran. Seseorang menjadi dewasa karena banyak ilmunya, sehingga perilakunya pun menjadi bijak
  • Sebagai pengurus LDK harus memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan memaksakan, cukup menampilkan keindahan dakwah Islam, in syaa Allaah mereka akan mendekat dengan sendirinya. Ketika mereka sudah di dalam lingkungan tersebut berikan pelayanan bukan pemanfaatan.

#Pertanyaan

  1. Akh Taufik

Bagaimana memosisikan diri agar tetap on fire dalam kondisi dakwah yang tidak dapat dinikmati secara langsung hasilnya?

Jawaban: – Yakin bahwa semua yang dilakukan ada balasannya.

  • Senantiasa mengobati hati
  • Ingat bahwa seolah-olah kita tidak punya bekal lain

 

Bulan-bulan kaderisasi seperti saat ini adalah momentum yang tepat bagi kita untuk membidik para penerus perjuangan di dakwah kampus, karena sejatinya kita berjuang disini hanya sementara. Kita bukan pemula, bukan pula penghujung, tetapi kita penyambung, maka jangan hentikan perjalanan estafet dakwah ini. Berikan pelayanan yang terbaik kepada adik-adik kita, “citrakan” dakwah Islam yang indah ini 

Semoga bermanfaat

By:

Departemen Pembinaan Pengurus

Bidang Pembinaan

SKI FKIP UNS 2014

~Membina dengan Cinta~

#harmony2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *