Totalitas dalam bergerak

  • 0

Totalitas dalam bergerak

Category : UMUM

Totalitas merupakan suatu karakter yang diperlukan oleh setiap orang untuk mencapai hasil maksimal dan yang terbaik. Totalitas adalah berjuang dengan seluruh kemampuan yang kita miliki, berjuang sampai dengan batas maksimal dari diri kita. Bukan perjuangan yang dilakukan dengan setengah-setengah atau ala kadarnya saja. Totalitas sangat diperlukan dalam berbagai hal. Demikian pula dalam menjalankan dakwah islam. Totalitas ini ditunjukkan dengan semangat yang tinggi dalam menyambut setiap seruan, tidak menunda-nunda dalam menjalankan setiap seruan yang datang, serta berkorban baik dengan harta dan jiwa.

Para sahabat di zaman Rasulullah saw telah mencontohkan kepada kita untuk menjalani setiap seruan dan perintah Rasul secara totalitas. Perhatikan ungkapan salah seorang sahabat dalam menyambut seruan perang Badar berikut ini “Kalau butir-butir kurma ini harus kutelan semua baru maju berperang… oh betapa jauh sungguh jarak antara aku dengan surga.” Dari ungkapan ini tergambar bagaimana sang sahabat tidak mau menunda dalam mengerjakan seruan dari Rasul, bahkan untuk sekadar menelan buah kurma yang barang tentu tidak akan menghabiskan waktu yang lama. Tergambar bagaimana totalitas sang sahabat dalam mengerjakan seruan Rasul. Menyambut dengan semangat yang begitu tinggi serta tidak menunda dalam mengerjakan seruan Rasulnya.

Contoh lainnya adalah bagaimana secara total Abu Bakar meng-infaq kan seluruh hartanya untuk membiayai perang yang dilakukan oleh umat Islam. Selain itu Abu Bakar juga turun langsung ke medan pertempuran dan berperang bersama para sahabat yang lain. Meskipun demikian, tidak menjadikan Abu Bakar pribadi yang lalai dalam melaksanakan seruan jihad yang diperintahkan Rasul. Karena sejatinya kita diminta untuk berjuang tidak hanya dengan harta tetapi juga dengan jiwa. “Dan berjihadlah kamu dengan harta dan jiwamu di jalan Allah” (At Taubah: 41)

Totalitas dalam bergerak inilah yang akhirnya akan membuahkan hasil yang manis dalam setiap pergerakan dan perjuangan yang kita lakukan. Setiap kerja yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang maksimal sesuai dengan kerasnya perjuangan dan besarnya pengorbanan yang kita lakukan. Tidak ada perjuangan yang berujung dengan keberhasilan kecuali berjuang dengan totalitas. Total dalam berpikir, total dalam bergerak dan total dalam berkorban. Karena apa yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita usahakan. Dan surga begitu mahal harganya, sehingga hanya orang-orang yang berjuang/berjihad dengan total saja yang layak untuk mendapatkannya.

Wallahu a’lam bishawwab.

Sumber: www.dakwatuna.com dengan segala perubahan.


Leave a Reply