Carilah Teman Yang Mengajakmu Ke Syurga

Capture

Assalamualaykum Sahabat Muslimah…. Pilih-pilih teman atau selektif mencari teman tentunya bukan hal yang mudah, apalagi kalo kita berada ditempat yang baru kita kenal, emm selektif mencari teman bermain, berdiskusi, dan bahkan sampai untuk bercerita hal-hal yang sifatnya rahasia, perlu banget nii teman yang bisa dipercaya, apalagi untuk seorang ukhty ukhty yang kadang suka curhat hee..

“Memilihlah teman yang mampu mengajakmu ke syurga, dan jangan memilih teman yang mengajakmu ke neraka,” Ini adalah pesan singkat sebagai panduan kita dalam memilih seorang teman atau sahabat.

Sahabat Muslimah…..  banyak diantar kita yang memaknai teman adalah seorang yang mau diajak berbagi disaat suka dan duka, ada lagi yang memaknai sebagi seorang yang bisa dipercaya yanga mampu menjaga rahasia, “ Kalo kalian bagian yang mana ni ??”

perlu kita tahu ukhty sejatinya masih terdapat sebuah makna signifikan dan peran dari sahabat baik yang sangat penting dalam perspektif Islam. Yaitu seseorang yang membantu kita untuk lebih dekat kepada Allah, membuat kita menjadi lebih patuh dan taat kepada perintah dan ajaran-Nya, serta memberi keuntungan positif untuk umat.

Nahh… bagaimana kita mendapat teman yang baik menurut islam, tentu ada kriteriannya , ini jawabannya….

Kriteria Teman Baik Menurut Islam

  …Teman bukan sekadar seseorang yang bisa diajak untuk menikmati waktu bersama. Seorang teman bisa membantu kalian melakoni amalan-amalan hebat yang memicu pahala dan surga…

Hal-hal penting yang harus kalian pikirkan ketika memilih teman adalah kedekatan mereka kepada Allah. Kalian bisa tahu kedekatan tersebut bukan hanya dari penampilan mereka. Tapi juga melalui tingkah laku, tabiat, akidah, dan tindak-tanduk mereka.

Teman yang sepanjang waktunya memikirkan bagaimana caranya menggapai pahala, bisa dekat dan menggapai keridhaan Allah melalui tindakannya adalah teman yang bisa kalian percaya. Jalinlah persahabatan dengannya.

Jika kalian tidak shalat, tidak pernah berpuasa, gemar bergosip, atau kalian tidak memiliki peran aktif dalam masyarakat, uupss ..cari yang lain aja … maka carilah teman-teman yang mampu memperbaiki perilaku dan sikap kalian menjadi lebih baik.

Karena teman-teman berperangai buruk bisa mendorong kalian secara sadar atau tidak untuk melakukan tindakan-tindakan yang buruk juga. Berbohong, suka gosip, tidak sholat dan bahkan berzina adalah hal-hal yang merupakan hasil buruk dari teman-teman yang berperangai buruk.

Sementara itu, teman-teman yang shaleh bisa memberikan pengaruh positif bagi kehidupan kalian; membuat hidup menjadi lebih baik dunia dan akhirat. Teman yang shaleh akan senantiasa menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat.

  …Sementara itu, teman-teman yang shaleh bisa memberikan pengaruh positif bagi kehidupan kalian; membuat hidup menjadi lebih baik dunia dan akhirat…

Bahkan dalam kondisi penuh keceriaan dan kegembiraan pun, segala sesuatunya bisa berbeda jika kita lakukan bersama teman yang baik. Dia senantiasa mengingatkan kalian untuk selalu memperbarui niat karena Allah di mana pun dan kapan pun. Selain itu, teman yang baik senantiasa mendorong kalian untuk menjaga harga diri atau menjaga ibadah-ibadah yang dianjurkan, sehingga keindahan Islam selalu terukir di hati kalian.

Hal ini terjadi dengan Iman Asy-Syarif, seorang muslimah berkewarganegaraan Mesir berusia 25 tahun. Iman melakukan perjalanan ke Denmark tak lama setelah kasus kartun Nabi Muhammad merebak, untuk mengubah citra buruk Islam di sana. Apa yang mendorong Iman untuk melakukan sesuatu demi memperbaiki citra muslim?

Iman menerangkan, “Salah seorang teman saya mendorong saya untuk melakukan sesuatu demi umat. Sejak itu mulailah saya membaca banyak bacaan tentang Islam. Lalu saya ambil bagian untuk mengenalkan Islam kepada orang-orang non-muslim. Sejujurnya, saya tidak bisa mengenyampingkan peran teman yang telah membantu saya untuk melakukan hal-hal positif.”

Sahabat Muslimah ..

Jelas, dengan teman-teman yang baik dan shaleh, kalian bisa melakukan hal-hal positif yang menguntungkan Islam dan kaum muslim. Kalian pun menjalani kehidupan yang bebas dari egoisme, kesedihan, kebencian, dan kegelisahan yang terjadi jika berteman dengan teman-teman yang buruk.

Kalian mungkin tidak merasakan dampak langsung dari teman-teman terhadap diri kalian. Tapi jika kalian mau berpikir secara lebih dalam, kalian akan mendapatkan bahwa teman memiliki pengaruh yang sangat dahsyat, Inilah mengapa kalian mesti memilih teman secara bijak, karena teman bisa mengubah hidup kalian secara keseluruhan, baik positif maupun negatif.

Karena alasan demikian, Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda, “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

“satu pengutan lagi untuk selektif pilih teman yaa ukhty….

…Carilah sedikitnya seorang teman baik dan shaleh yang bisa menjadi batu loncatan bagi kalian menuju surga…

Menjadi sangat penting bagi kita untuk memahami hadits di atas yang mengindikasikan dampak teman terhadap kehidupan seseorang, dan pentingnya memilih teman-teman yang baik. Maka pikirkanlah baik-baik. Dan bahkan jika semua teman kalian adalah teman yang berkelakukan buruk, maka janganlah khawatir , karena Allah akan mengampuni, jika kalian mau bertobat. Carilah sedikitnya seorang teman baik dan shaleh yang bisa menjadi batu loncatan bagi kalian menuju surga.

Semoga Bermanfaat, selamat mencari teman,sahabat menuju syurga……

Sumber:diaryislam.wordpress.com (dengan sedikit perubahan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *