Alat Bela Diri Muslimah, Yang Tak Pernah Disadari!

Di era modern ini masih cukup sering kita jumpai wanita diperlakukan dengan kejam dan tidak pantas untuk berbagai alasan. Kejahatan tidak memandang gender. Apakah itu laki-laki atau perempuan, selama itu menguntungkan bagi penjahat, semuanya disikat. Hal ini tidak terkecuali muslimah. Serapi apapun jilbabnya. Namanya kejahatan bukan hanya karena kesempatan namun tidak jarang pula karena kebutuhan.

Sebab itu, para muslimah harus membekali diri dengan teknik sederhana bela diri. Minimal mempunyai persiapan alat pengaman saat harus berada diluar rumah tanpa mahram. Sebenarnya ada banyak benda-benda disekitar kita yang bisa dijadikan alat pengaman diri yang ampuh. Berikut ini beberapa alat beserta cara penggunaannya:

  1. Jarum pentul

Para muslimah tentu tidak pernah lepas dari satu barang ini. Biasanya digunakan untuk menyematkan kerudung. Ternyata, bukan hanya untuk memperbaiki penampilan, jarum pentul juga bisa digunakan sebagai alat bela diri yang sederhana. Cara penggunaannnya mudah. Misal suatu saat kita sedang naik angkutan kota dan yang duduk disebelah kita adalah laki-laki yang punya gelagat menggoda (missal dengan duduk lebih dekat), pegang erat jarum pentul, arahkan pada orang yang mepet-mepet kita. Jangan ragu untuk menusukkan bila laki-laki iseng tersebut terus mepet-mepet.

  1. Pulpen

Pulpen yang bisa digunakan sebagai alat pengaman adalah yang ujungnya runcing. Alat ini bisa dijadikan pengganti pisau. Bisa digunakan untuk menusuk lawan. Namun, pastikan pada saat menusuk lawan, si lawan sudah ada dalam radius jangkauan tangan kita.

  1. Gunting kecil atau cuter

Sebenarnya lebih aman menggunakan gunting, sebab cuter biasanya mudah patah mata cuternya. Biasakan untuk meletakkan barang ini di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya di saku tas. Sehingga bila diperlukan tidak perlu ribut mencarinya.

  1. Payung

Payung yang dimaksud disini adalah payung yang ujungnya runcing. Bukan payung lipat seperti yang kebanyakan orang punyai saat ini. Payung dengan ujung runcing dapat digunakan untuk menusuk atau minimal memberi gertakkan saat kita diganggu orang tidak bertanggungjawab.

  1. Sandal atau sepatu

Sandal atau sepatu yang bawahnya keras punya kelebihan tersendiri sebagai alat beladiri yaitu rasa sakit yang dihasilkan saat digunakan untuk menginjak kaki orang. Saat menginjak pilih titik yang menjadi pusat injakan, missal jempol kaki.

  1. Parfum Semprot

Benda ini mungkin tidak melukai penjahat (kecuali kalau isinya sudah diganti dengan air cabe), namun paling tidak memberikan waktu kepada kita untuk lari meminta bantuan.

Hal yang tidak kalah penting selain menyiapkan diri dengan ilmu beladiri dan bersiap dengan alat bela diri sederhana adalah melakukan tindakan pencegahan. Cek kembali penampilan kita, apakah penampilan seperti itu membuat orang lain tertarik untuk menggoda dan merampok. Atau apakah pakaian yang kita gunakan sudah cukup aman dan bisa digunakan mengamankan diri. Pastikan tubuh bisa bergerak bebas dengan menggunakan pakaian-pakaian yang tidak ketat. Sehingga bila diperlukan pembelaan diri dengan cara menendang atau sejenisnya, kita tidak terganggu dengan ketatnya pakaian yang kita pakai. Semoga Bermanfaat J

(dikutip dari http://www.muslimahcorner.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *