SKI SKIP UNS Tingkatkan Rasa Peduli bersama Solopeduli

  • 0

SKI SKIP UNS Tingkatkan Rasa Peduli bersama Solopeduli

Category : UMUM

Solopeduli

 

 

Jum’at (1/6), delegasi Humas SKI FKIP UNS melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Solo Peduli, yang beralamatkan di Jl. Petir RT. 01 RW. XIV Gendingan, Jebres, Surakarta. Solo Peduli merupakan salah satu lembaga sosial NGO yang sudah banyak berkontribusi dalam kepedulian sosial di Surakarta. Kunjungan ini dalam rangka menjalin shilah ukhuwah, sebagai agenda rutin SKI FKIP UNS untuk memperkuat hubungan yang selama ini telah terjalin. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari perwakilan Solo Peduli yaitu Manager Fundraising, Harjito, S.Pd,I. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan secara umum profil Solo Peduli. Solopeduli memiliki 9 cabang di karesidenan Surakarta seperti di Solo, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Boyolali dan Karanganyar.

Solo Peduli mencangkup tiga bidang kemasyarakatan utama yaitu bidang Dakwah, Pendidikan dan Kesehatan. Di bidang Dakwah ada beberapa paket yang disediakan oleh Solo Peduli diantaranya paket Surga Dhuafa (Santunan untuk Keluarga Dhuafa). Hanya dengan infak minimal Rp. 15.000 kita telah berpartisipasi dalam 10 Program Sosial seperti Sekolah Gratis, Layanan Ambulan Gratis, Siaga Bencana, Santunan Kesehatan Dhuafa, Klinik Ibu dan Anak dan lain – lain.

Solo Peduli juga mencangkup ke bidang Pendidikan. Di bidang ini Solo Peduli sudah menyediakan sarana dan prasarana yaitu Pesantren Yatim Dhuafa BAITURROHMAH. Pesanten ini merupakan pesantren gratis bagi anak-anak yatim dan dhuafa. Program ini didukung dengan beberapa program pendidikan formal lain di tingkat SD, SMP dan SMK. SD —SDIT Smart Cendekia—, SMP —SMPIT Smart Cendekia— dan SMK —SMK Smart Informatika. Untuk SMK Smart Informatika memiliki fasilitas yang sangat meringankan siswanya yaitu gratis seluruh biaya pendidikan, gratis seragam sekolah, gratis buku dan modul dan dibantu biaya asrama dan biaya hidup untuk siswa luar kota.

Bidang ketiga yaitu bidang Kesehatan. Di bidang ini Solo Peduli menyediakan Klinik Ibu dan Anak Gratis yang bertempat sama dengan Kantor Pusat. Klinik ini memiliki 10 pelayan seperti Pemeriksaan Kehamilan, Persalinan Normal, Layanan Imunisasi, Pembinaan Spiritual dan lain – lain.

Dari berbagai program diatas, antusias warga sekitar terutama Solo sudah tinggi hanya kurang memahamkan saja tentang macam – macam zakat. Itu merupakan kendala yang saat ini

dihadapi oleh Solo Peduli. Solo peduli sendiri sudah mulai bekerjasama dengan beberapa lembaga dan organisasi mahasiswa untuk mengatasi masalah tersebut.

Solo Peduli sangat terbuka dalam bentuk kerjasama sponsorship, dengan pencantuman secara jelas di proposal seperti jumlah dan bentuknya misalkan 100 Al- Qur’an, dll. Acara pun di tutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari SKI FKIP UNS dan Solo Peduli.


Leave a Reply