Kajian Dusun Binaan 1: Jangan Mengorbankan Agama demi Dunia

IMG_7694

Acara JIDAN 1 (Kajian Dusun Binaan 1) yang bertemakan “(Janganlah) Mengorbankan Aqidah Agama demi Sebentarnya Rona Dunia” ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Juni 2015 di Desa Dayu, Karanganyar. Acara ini meliputi dua kegiatan yakni bakti sosial dan kajian. Kegiatan bakti sosial tersebut berupa alat tulis dan makanan ringan yang dibagikan kepada anak-anak TPA sembari pengurus SKI mengajar TPA. TPA dilaksanakan pada waktu sore sedangkan kajian bersama warga dilaksanakan pada malam hari.

Kegiatan TPA di buka pengurus TPA Desa Dayu  kemudian pengelolaannya diserahkan kepada Pengurus SKI. Dari Pengurus SKI dibuka oleh Saudara Arfan sekitar pukul 15.45 WIB. Anak-anak terlihat sangat antusias dengan kegiatan tersebut, terbukti dengan anak-anak TPA yang datang lebih banyak daripada biasanya. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca iqra’ satu persatu dengan disimak oleh Pengurus SKI yang hadir.

IMG_7607

Pengurus TPA Desa Dayu membuka kegiatan TPA

Seusai semuanya membaca iqra’, anak-anak tersebut kemudian diajak untuk bermain game diluar masjid. Ada beberapa jenis permainan, untuk yang putra di antaranya kucingan, angkat dan turunkan botol aqua dengan rafia (model berkelompok), dan berjalan memutar dengan bernyanyi. Untuk yang putri permainan yang dilakukan diantaranya menyalurkan karet gelang dengan menggunakan sedotan dari orang satu ke orang yang lain, dan menyebutkan nama anggota. Dalam kegiatan permainan ini melibatkan seluruh Panitia JIDAN dan anak-anak TPA Desa Dayu sehingga terjalin interaksi yang baik.

IMG_7624

Kegiatan permainan dengan anak-anak TPA Desa Dayu.

Kegiatan permainan ini selesai sekitar pukul 17.15 WIB. Setelah Permainan selesai adik-adik TPA kita ajak kembali masuk ke masjid. Sebelum kegiatan TPA dibubarkan ada pembagian alat tulis dan makanan ringan, serta foto bersama. Setelah kegiatan foto bersama, adik-adik TPA diperkenankan untuk pulang dan untuk Panitia JIDAN persiapan untuk sholat Magrib. Seusai Sholat Magrib, Panitia JIDAN dijamu oleh warga disana, yakni diminta untuk makan bersama.

IMG_7702

Kegiatan makan bersama dengan warga Desa Dayu.

Acara berikutnya setelah kegiatan makan bersama selesai, untuk yang akhwat melanjutkan untuk pulang, sedangkan yang ikhwan melanjutkan untuk mempersiapkan takjil dan kajian malamnya. Kajiannya malamnya dimulai sekitar 19.35 WIB. Warga Desa Dayu sangat antusias dengan adanya kajian tersebut, terbukti jumlah warga yang hadir sekitar 50 orang yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak. Kajian ini diisi oleh Ustadz Sukidi. Dalam kajian tersebut Ustadz Sukidi memaparkan tentang pentingnya aqidah islam dan juga tentang kristenisasi.

Kajian tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat disana mengenai kristenisasi yang sekarang ini sedang marak di masyarakat, agar nantinya masyarakat disana tidak terjerumus oleh adanya kristenisasi. Kegiatan ini usai pukul 21.00 WIB, akhirnya kajian ini ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Sukidi dan ucapan terima kasih dari Panitia JIDAN.

DSC01214

Kegiatan Kajian Kristologi malam harinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *