Nikmatnya Sedekah di Bulan Ramadhan

  • 0

Nikmatnya Sedekah di Bulan Ramadhan

Category : KEMUSLIMAHAN

Kenapa-kita-harus-bersedekah

Berdoalah agar Allah swt. Memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dalam bulan Ramadhan dalam keadaan sehat wal afiat. Dengan keadaan sehat, kita dapat melaksanakan ibadah secara maksimal di bulan itu, baik puasa, shalat, tilawah, dzikir dan lainnya. Dari Anas bin Malik r.a berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masukbulan Rajab selalu berdoa, “Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ba, wa balighna Ramadan.” artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramdahan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

Assalamualaykum Sahabat Muslimah, Allhamdulillah masih bisa berbagi inspirasi dengan kalian , mudah-mudahan bermanfaat yaa..,

Dalam menyambut Ramadhan tentunya kita berkomitmen untuk meningkatkan amalan sholeh dan meninggalkan hal-hal yang dilarang Allah. Salah satu amalan yang harus kita tingkatkan dalam Ramadhan adalah sedekah. Kenapa? Salah satu sebab Rasulullah saw. memberi teladan untuk lebih bersemangat dalam bersedekah di bulan Ramadhan adalah karena bersedekah di bulan ini lebih dahsyat dibanding sedekah di bulan lainnya. Diantara keutamaan sedekah di bulan Ramadhan, antara lain:

  1. Puasa digabungkan dengan sedekah dan shalat malam sama dengan jaminan surga

Puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang agung, bahkan pahala puasa tidak terbatas kelipatannya. Dan sedekah, telah kita ketahui keutamaannya. Kemudian shalat malam juga merupakan ibadah yang agung, jika didirikan di bulan Ramadhan dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu, Rasulullah saw. bersabda”

“Orang yang shalat malam karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no.37, 2009, Muslim, no.759)

Ketiga amalan yang agung ini terkumpul di bulan Ramadhan dan jika semuanya dikerjakan balasannya adaah jaminan surga. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47/ dihasankan Al Albani di Shahih At Taghrib, 946)

  1. Mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain

Kita telah mengetahui betapa besarnya pahala puasa Ramadhan. Bayangkan jika kita bisa menambah pahala puasa dengan pahala puasa orang lain, maka pahala yang kita raih lebih berlipat lagi. Dan ini bisa terjadi dengan sedekah, yaitu dengan memberikan hidangan berbuka puasa untuk orang yang berpuasa. Rasulullah saw. besabda:

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikit pun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Padahal hidangan berbuka puasa sudah cukup dengan tiga butir kurma atau bahkan segelas air air, sesuatu yang mudah dan murah untuk diberikan kepada orang lain.

Betapa Allah Ta’ala sangat pemurah kepada hamba-Nya dengan membuka kesempatan menuai pahala begitu lebarnya di bulan yang penuh berkah ini.

  1. Bersedekah di bulan Ramadhan lebih dimudahkan

Salah satu keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan adalah bahwa di bulan mulia ini, setiap orang lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan., termasuk sedekah. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya manusia mudah terperdaya godaan setan yang senantiasa mengajak manusia meninggalkan kebaikan. Terdapat dalam QS. Al-A’raf ayat 16: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yag lurus.”

Sehingga manusia enggan dan berat untuk beramal. Namun, di bulan Ramadhan ini Allah mudahkan hamba-Nya untuk berbuat kebaikan, sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah saw.:

“Jika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, da setan-stan dibelenggu.” (HR. Bukhari no.3277, Muslim no.1079)

Dan pada realitanya kita melihat sendiri betapa suasana Ramadhan begitu berbedanya dengan bulan lain. Orang-orang bersemangat melakukan amalan kebaikan yang biasanya tidak ia lakukan di bulan-bulan lainnya. Subhanallah. Semoga bermanfaat shalihah

Subhanallah. Sahabat sholehah semoga kita senantiasa mampu menjaga dan meningkatkan amalan-amalan kita di bulan nan suci dan penuh berkah ini

Sumber: era muslim.com dengan beberapa perubahan

 


Leave a Reply