Benarkah Aku MencintaiNya ?

11226544_888274034589017_5641370824523077272_n

Kajian Muslimah Cerdas Indah Akhlaknya (K_MAH CERIA) telah terlaksana pada hari Jumat,23Oktober 2015 diselenggarakan oleh Kemuslimahan SKI FKIP UNS, bertempat di Aula UKM Lt.2 FKIP UNS. Di kesempatan kali ini kajian yang kita bahas adalah terkait dengan Cinta. Yang kami bahas adalah Cinta KepadaNya, dengan mengambil tema “Benarkah Aku MencintaiNya” Bersama pembicara yang keren banget Mba Yofita Andiani, seorang Mahasiswi, seorang aktivis muda yang prestatif dan tentunya dengan segudang pengalaman yang begitu banyak. Yang pernah menjadi KETUA Bidang Kemuslimahan di LKI FISIP UNS pada tahun 2014 .dipandu oleh seorang pembawa acara dan dibuka dengan pembacaan tilawah quran Kajian ini dimulai pada pukul 11.35 berlangsung dengan lancar. Mba Yoyo, akrab dipangilnya menjelaskan bangaimana kita sebagai manusia memaknai cinta yang sebenarnya

Berbicara tentang cinta sudah banyak Alloh mencintai kita sebagai Hambanya. Setiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahuan Allah karuniakan nikmat sehat, iman, islam, masih bisa makan, masih bisa minum, melihat, mendengar dan banyak lagi kasih sayang Allah kepada kita. sebagai bentuk Alloh mencintai kita. Tetapi bagaimana dengan kita ? sudahkah kita juga MencintaiNya ? dengan begitu banyaknya nikmat yang Alloh sudah berikan Kewajiban kita Adalah senantiasa bersyukur kepadaNya dan tentunya senantiasa Mencintainya. Yang perlu kita tahu bahwa Cinta adalah sesuatu yang tidak bisa di definisikan dengan kata, dan sebagai manusia sudah menjadi fitrahnya ketika kita merasakan jatuh Cinta. Tetapi yang harus digarisbawahi bahwa Cinta yang sejati adalah cinta hanya KepadaNya. Ketika kita Jatuh cinta kepada sesama manusia yang terjadi adalah rasa kecewa tetapi lain dengan Cinta KepadaNya. Bahwa cinta kita tidak akan pernah bertepuk sebelah tangan, dan ketika kita mencintai Alloh yang kita dapat juga semua yang kita harapkan. dan Allah senantiasa memberikan.

Cinta yang Syari dan Cinta tidak syari . Cinta Syari adalah cinta yang hanya diberikan dan ditujukan kepada Alloh. cinta yang mengatasnamakan Alloh terutama. Seperti dalam QS.Al Baqarah ayat 152 Allah berfirman yang artinya “Karena itu, ingatlah kamu kempadaKu, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) Ku” jelas sekali dalam firman ini bahwa Allah akan senantiasa membalas apa yang kita lakukan , ketika semua itu ditujukan kepadaNya. Dalam kajian kali ini juga dijelaskan bahwa cinta ynag senantiasa dilandasi iman kepada Allah niscaya akan berbuah pahala.

Dalam QS.Al Imran ayat 14 yang artinya “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang.itulah kesenagna di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Dari ayat ini jelas bahwa kenikmatan didunia tidak benilai apa-apa ketika kita mencintai semua hal tanpa dilandasi cinta kepadanya. Jadi dari ayat diatas yang bisa kita lakukan supaya kita mendapat cinta daiNya maka, dai ayat diatas kecintaan kepada wanita-wanita (untuk laki-laki) yang sudah memiliki istri maka harus dicintai karena Allah, begitu pun dengan kecintaan kepada anak-anak juga harus dilandasi kecintaan kita juga kepada Allah, dan ketika didunia kita mempunyai banyak harta maka tugas kita adalah menggunakan harta kita untuk hal-hal yang bermanfaat, yakni bisa dengan bersedekah. Dengan niatkan segalanya untuk Allah.

Tanda-Tanda Cinta Kepada Allah

  • Selalu mengingatny

dalam segala aktivitas kita terutama pada saat setelah sholat harus memperbanyak mengingat Allah

  • MengagumiNya

atas apa yang Allah ciptakan untuk hamba-hambanya

  • Ridho dengan Takdir Allah

Apapun yang sudah Allah takdirkan kepada kita, maka tugas kita adalah amanah kita, lakukanlah hany karenaNya

  • Takut KehilanganNya

Takut ketika Allah menjauh dari kita, maka tugas kita mendekatkan diri kita, maka Allah akan terus bersama kita

  • Berharap

Senantiasa berharap bisa bertemu dan berharap hanya kepadaNya niscaya Allah akan memenuhi harapan-harapan kita

  • Taat

Taat pada Allah yang bisa kita lakukan adalah senantiasa melaksanakan perintah Allah dan meneladani para Rasul dengan mempelajari Shirah Nabawi

 

TIPS MENGAPAI CINTA ALLAH

  1. Ibadah, terus ditingkatkan yang wajib (perintah Allah) dan melaksanakan sunnah-sunnah rasul
  2. Berteman dengan orang shalih dan shalihah, yang seantiasa menjaga diri kita dan mengingatkan kita dalam kebaikan
  3. Istiqomah, ibadahnya terus meningkat rutin dan grafiknya selalu naik.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab ada 3 penanya dan dilanjutkan degan closing stattmentnya “Sholatlah tepat waktu sebagai bukt cinta kita kepada Allah, dan mencntailah sesuatu untuk akhiratmu maka dunia akan mengikuti. Kajian muslimah selesai pada pukl 13.00 ditutup oleh MC dengan bacaan doa penutup majelis.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *