TRAINING MENGAJAR TPA (TMT)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran (3): 104)

Sabtu (28/04) SKI FKIP UNS telah menyelesaikan salah satu rangkaian acara SIFT (Sebelas Maret Islamic Festival) 1439 H yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu TMT (Training mengajar TPA), dengan tema Meningkatkan Kualitas Pengajar Menuju Terciptanya Generasi Dakwah. TMT sendiri merupakan sebuah program kerja yang diselenggarakan oleh Bidang Sosial Masyarakat SKI FKIP UNS untuk membekali pengurus SKI FKIP, pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi yang ada diseluruh kampus FKIP dan pengurus Lembaga Dakwah Fakultas Universitas Sebelas Maret dalam mengelola dusun binaan yang ada di masing-masing lembaga.

 

TMT kali ini diadakan di Masjid Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret dengan menghadirkan pembicara dari LKG TPA (Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan Al-Qur’an) Surakarta, Ust. Abdul Wahab sebagai Ketua. Acara dimulai pukul 8.00 WIB dengan agenda registrasi oleh peserta TMT dan dibuka oleh MC, Aji Bayu Pranata dari Pendidikan Geografi 2017 pada pukul 8.30 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Mochamad Dendy Arianto dari Pendidikan Geografi 2017 dan dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Umum SKI FKIP UNS 2017, Iman Sri Nugroho.

 

Sebelum menginjak materi, acara TMT diawali dengan pretest bagi seluruh peserta, dengan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman awal peserta tentang TPA. Kemudian setelah pretest, materi inti disampaikan oleh Ust. Abdul Wahab. Beliau menerangkan tentang bagaimana tata cara mengajar TPA, kontribusi pengajar terhadap TPA, dan mengapa mengajar TPA itu penting. Beliau menambahkan agar TPA berjalan dengan santai dan kontinu, dapat dilakukan dengan cara memberikan senyuman, sapaan, dan perhatian kepada peserta binaan dan tentunya dengan niat mengharapkan Ridho Allah SWT. Setelah pemaparan materi inti acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta dan berjalan dengan lancar. Acara diakhiri pada pukul 11.30 WIB oleh MC.

  #TMT2018 #SIFT1439 #INFINITE2018 #LangkahKamiLangkahPerbaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *