Sejarah Singkat

Mengenal lebih jauh SKI FKIP

Organisasi atau lembaga dalam bahasa sehari-hari merupakan salah satu sarana (wasilah), dimana individu-individu yang terhimpun didalamnya saling menyatu padukan potensi untuk mencapai tujuan yang telah dipahami bersama. yaitu menegakkan sebuah nilai-nilai di dalam Islam seoptimal mungkin sebagaimana aktivitas diusahakan dalam sebuah titik fokus yaitu tegaknya nilai-nilai Islam di muka Bumi. Sebab salah satu sifat dimana Allah SWT cinta kepada hamba-Nya adalah ketika mereka berperang membentuk sebuah barisan yang teratur laksana bangunan yang kokoh.

Sesungguhnya Allah mencintai arang-orang yang berperang di jalan Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.( QS. As-Shaff:4)

Di samping kewajiban yang bersifat individual dan personal, selain itu juga sebagai upaya menolong agama Allah SWT

Wahai orang-orang yang beriman, Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(QS. Muhammad:7).

Dengan beberapa pertimbangan di atas sangat dibutuhkan untuk membentuk lembaga da’wah di lingkungan kampus, yaitu dengan membentuk SKI FKIP UNS dimana memiliki status formal untuk mewadahi potensi dan aspirasi umat Islam civitas akademika di FKIP UNS.

Sentra Kegiatan Islam (SKI) FKIP UNS merupakan satu-satunya UKM di FKIP yang membidangi khusus terkait dengan ke-Islaman. SKI FKIP UNS lahir pada bulan Agustus 1993, berdasarkan  SK:SEMA FKIP UNS Nomor 063/KPTS/SEMA_FKIP/VIII/1993. semula bernama Sie Kerohanian Islam. Namun pada MUASKI (Musyawarah anggota SKI) XI pada bulan Mei 2002, diganti menjadi Sentra Kegiatan Islam sampai sekarang, tetapi esensinya tetap sama.

SKI merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa yang bergerak mengurusi masalah kegiatan-kegiatan ke-Islaman, bisa dikatakan SKI adalah pusatnya aktivitas ke-Islaman. SKI FKIP merupakan Rohis-nya FKIP, keanggotaan SKI dibagi menjadi dua yaitu anggota biasa dan anggota aktif. Anggota biasa adalah keseluruhan dari mahasiswa muslim FKIP, sedangkan anggota aktif adalah pengurus di dalam struktur kelembagaan itu sendiri.

Sesuai dengan bidangnya, maka tujuan SKI FKIP UNS adalah melaksanakan dakwah Islam sesuai dengan tuntunan yang berada di dalam Al-Qur’an dan As-Sunah serat berupaya membentuk kader-kader pengemban dakwah di kampus.

Selanjutnya, dengan landasan Al-Qur’an, As-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas, SKI FKIP UNS bertujuan membentuk masyarakat kampus yang memiliki kepribadian islami dan intelektualitas demi terwujudnya kehidupan kampus yang dinamis sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rosul-Nya.


Leave a Reply