Author Archives: SKI FKIP UNS

  • 0

Profil SKI FKIP UNS 2017

Tags :

Category : LEMBAGA

  1. Nama UKM

Sentra Kegiatan Islam (SKI) FKIP UNS

 

  1. Visi dan Misi
    1. Visi

Lembaga Dakwah Fakultas yang bermanfaat dan mampu mewarnai kehidupan masyarakat kampus dengan nilai-nilai Islam

  1. Misi
    1. Mewujudkan kesolidan pengurus : Organisasi yang memiliki visi misi yang sama dan rasa kesatuan pengurus yang kokoh
    2. Meningkatkan profesionalitas kerja lembaga : organisasi yang memiliki pengelolaan administrasi yang baik dan bekerja sesuai dengan SOP yang ada
    3. Mengoptimalkan pengelolaan kaderisasi. : Organisasi yang mampu melakukan perekrutan, pembinaan serta pengkaryaan yang baik dan terstruktur
    4. Mengoptimalkan syiar lembaga : organisasi yang mampu menyampaikan dakwah islam melalui berbagai sarana, seperti : media cetak, media elektronik, kajian, dan layanan umat
    5. Mengoptimalkan penjagaan dan perluasan jaringan untuk mendukung syiar lembaga : Organisasi yang mampu menjaga hubungan yang baik dengan jaringan yang sudah ada dan mampu memperluas jaringan dalam rangka mendukung syiar lembaga

 

  1. Deskripsi Singkat Lembaga

SKI FKIP UNS merupakah lembaga dakwah yang bergerak dalam lingkup fakultas atau biasa disebut dengan LDF. Pada periode 2017 ini, SKI FKIP UNS terdiri dari 9 bidang, yaitu Kesekretariatan, Bendahara, Pembinaan, Kaderisasi, Syiar, Media, Sosial Masyarakat, Hubungan Masyarakat, dan Nisaa’. Program Kerja SKI FKIP UNS diataranya adalah mengajar TPA, seminar TAT, kajian muslimah, kajian umum sebulan sekali, kajian keliling prodi, kajian pengurus, Islamic Week, Training Pemuda Islam, dll.

 

  1. Media social
    1. Web : ski.fkip.uns.ac.id
    2. Twitter : @skifkip_uns
    3. Instagram : SKIFKIPUNS
    4. Facebook : Ski Fkip Uns
    5. Fanspage : SKI FKIP UNS
    6. You tube : SKI FKIP UNS
    7. Email : fkipski@gmail.com
  2. Kontak person
    1. Putra: 081225123070 (Burhan)
    2. Putri: 089669702952 (Sutarni)

 

  1. Kegiatan terdekat
    1. Jas UKM

Jalinan Silaturahim Antar Unit Kegiatan Mahasiswa

 

  1. GO BUS SKI

Grand Opening Belajar Usaha Bersama SKI

 

  1. Penghargaan
    1. Juara 3 Lomba Futsal yang diadakan FSLDK tahun 2016
    2. Juara 2 Lomba Futsal antar UKM yang diadakan Peron tahun 2017

 

  1. Foto

  • 0

Muhasabah diri, perlukah itu ?

Category : KEMUSLIMAHAN

muhasabah_fix

Wahai muslimah tahukah engkau ketika seseorang melakukan muhasabah maka akan tampak jelas di hadapannya atas dosa-dosa yang dilakukan. Bagaimana mungkin seorang manusia dapat melihat kesalahan diri kita dosa dan aibnya tanpa melakukan adanya muhasabah diri ?!

Pertanyaan di atas mungkin banyak menghampiri benak seorang muslimmah , ada di antara mereka yang memilih untuk menyibukkan diri dengan urusan dunianya tanpa memikirkan apa yang akan menjadi bekalnya di akhirat. Ada pula yang beribadah sebagaimana apa yang Allah perintahkan, namun ibadahnya hanyalah sebagai rutinitas. Mereka shalat lima waktu setiap harinya, berpuasa dan mengeluarkan zakat setiap tahunnya akan tetapi semua itu tidak berdampak pada akhlak dan pribadinya, maksiat pun terkadang masih dilakukan. Motivasi untuk memperbaiki amalan-amalan yang ada tak kunjung hadir, penyebabnya satu karena melupakan muhasabah diri sehingga orang-orang seperti ini sudah merasa cukup dengan amalan yang telah dilakukan. Di sinilah pentingya muhasabah, ada beberapa hal lainnya yang menjadi alasan kenapa muhasabah perlu dilakukan, diantaranya:

1. Muhasabah merupakan perintah dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala.

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

2. Muhasabah merupakan sifat hamba Allah yang bertaqwa

Seseorang yang bertaqwa adalah mereka yang membawa sebaik-baik bekal, dan dalam perjalanan mencari bekal tersebut tak jarang seseorang merasa lelah dan bosan yang mengakibatkannya tak mawas diri sehingga tergelincir dan terjatuh dalam futur (lemah semangat untuk melakukan amal shalih). Muhasabah akan membantu seseorang untuk menghadapi berbagai rintangan yang ia temukan dalam pencariannya akan bekal tersebut. Maimun bin Mahran rahimahullah berkata:

لَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ تَقِيًّا حَتَّى يَكُوْنَ لِنَفْسِهِ أَشَدُّ مُحَاسَبَةً مِنَ الشَّرِيْكِ الشَّحِيْحِ لِشَرِيْكِهِ

“Tidaklah seorang hamba menjadi bertaqwa sampai dia melakukan muhasabah atas dirinya lebih keras daripada seorang teman kerja yang pelit yang membuat perhitungan dengan temannya”.

3. Buah manis dari muhasabah adalah taubat

Ketika seseorang melakukan muhasabah maka akan tampak jelas di hadapannya atas dosa-dosa yang dilakukan. Bagaimana mungkin seorang anak cucu Adam dapat melihat dosa dan aibnya tanpa melakukan muhasabah?!

Banyak di antara manusia yang melakukan kemaksiatan, namun Allah masih memberikan nikmat kepadanya, dia tidak menyadari bahwa ini adalah bentuk istidraj (penangguhan menuju kebinasaan) dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala, sebagaimana firman-Nya:

وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ

Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui.” (QS. Al-A’raf: 182).

Orang-orang yang memahami ayat Allah ini, akan takut atas peringatan Allah tersebut dan dia akan senantiasa mengintrospeksi dirinya, jangan sampai nikmat yang Allah berikan kepadanya merupakan bentuk istidraj. Muhasabah yang mengantarkan kepada pertaubatan di awali dengan memasuki gerbang penyesalan. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

النَّدَامَةُ تَوْبَةٌ

Menyesal adalah taubat.” (HR.Ibnu Majah no. 4252,

Mari muslimah kita bersama mengingatkan diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan senantiasa mengingat akan kesalahan diri kita untuk lebih dekat dengan Rabb kita .., semoga senantiasa dalam kebaikan shalihah

Wallahu A’lam.

Sumber : http://www.muslim.or.id

Sumber gambar : http://www.pondokalmaidah.com

Dengan beberapa perubahan.

 

 


  • 0

Seminar Nasional The Art of Teaching

Category : AGENDA , Islamic Week 2016

received_1735920693287757

SKI FKIP UNS bersama Forum Lembaga Dakwah Kampus UNS telah menyelanggarakan Seminar Nasional The Art of Teaching pada hari Kamis, 5 Mei 2016. Seminar The Art of Theaching (TAT) dengan tema “Mendidik dengan Seni, Menciptakan generasi Pembaharu Negeri” merupakan salah satu rangkaian acara Sebelas Maret Islamic Festival (SIFT) 1437.

Seminar ini diisi oleh dua pembicara yaitu Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd (Dekan FKIP UNS) dan Drs. Suyudi (Pendiri Sekolah Alam Bengawan Solo). Acara yang dibuka Pukul 08.25 WIB ini dipandu oleh MC, Akh Badrun, Mahasiswa Pendidikan Kimia 2013. Diawali dengan tilawah oleh Akh Burhan, dilanjutkan sambutan oleh Akh Aditya Pradana (Ketua Umum SKI FKIPUNS 2016). Beliau menyampaikan bawa pergantian generasi adalah sebuah keniscayaan baik dan buruknya generasi tergantungg dari penyiapan generasi sebelumnya. Maka dari itu kita menyiapkan generasi setelah kita dengan sebaik-baiknya melalui pendidikan. Tugas mendidik bukan hanya tugas guru, melainkan setiap kita mempunyai tugas mendidik.

Pada saat penyampaian materi, kedua pembicara dimoderatori oleh Akh Yahya Dwi Putra Nugraha (Mawapres FKIP 2015). Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. Pak dekan menyampaikan materi tentang metode dan strategi dalam pembelajaran. Harapannya dalam proses belajar mengajar tidak selalu guru yang aktif, namun siswa juga harus aktif. Pemateri kedua yaitu Drs. Suyudi (pendiri Sekola Alam Bengawan Solo). Beliau menyampaikan materi terkait pendidikan di Indnesia, masalah yang ada, dan bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan sesi Tanya jawab yang masih dipandu oleh moderator. Para peserta antusias ingin bertanya. Diakhir acara Laziz UNS mempersembahkan hiburan pantomime oleh anak-anak binaan Lazis UNS. Sebelum acara ditutup, ada penyampaian pengumuman lomba akustik dan poster yang merupakan serangkaian acara Islamic week #5. Pukul 11.30 acara ditutup oleh MC.


  • 0

  • 0

Lomba Poster Hari Guru

Salah milih warna, badalah… Eeh, astaghfirullah.

Begitu salah satu celetukan teman peserta dari prodi Pendidikan Seni Rupa yang sedikit ‘sungkan-sungkan’ di tengah SKI. Seketika membuat kami tertawa bersama. 😀

24 November 2015, sore, lomba poster diselenggarakan SKI FKIP UNS dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional. Salah satu bentuk apresiasi SKI untuk guru-guru yang tulus berjuang meski tak mendapat banyak uang, untuk guru-guru yang selalu sabar mendidik tanpa obsesi gaji naik. Lomba poster ini dilaksanakan di lobi gedung D FKIP UNS, pukul 16.00 acara dimulai. Waktu maksimal pembuatan poster adalah 2 jam. Peserta yang didominasi oleh prodi Pendidikan Seni Rupa tampak antusias menggoreskan ekspresi mereka di kertas A3 yang panitia sediakan.

Selain diiringi hujan yang menyejukkan, untuk menemani peserta yang sedang membuat karya, panitia mengadakan bincang-bincang ringan dengan mendatangkan 2 tokoh di UNS, yaitu Doni Wahyu Prabowo, presiden BEM UNS 2016 terpilih dan Dwi Handoyo Putro, Kepala Bidang Kominfo JN UKMI UNS, yang kami mintai opininya mengenai lomba poster Hari Guru Nasional, peran mahasiswa, dan karya seni yang digabungkan sebagai upaya dakwah. Hingga mendekati maghrib, hujan telah reda, tampak peserta sudah hampir menyelesaikan karyanya.

2 jam pengerjaan karya berlalu dan peserta harus segera mengumpulkan poster buatan mereka. Candaan-candaan dari mahasiswa Seni Rupa yang kadang out of the box sempat muncul disela-sela pengumpulan karya. Acara ditutup dan dilanjutkan dengan shalat Maghrib bersama-sama.

Pemenang akan diumumkan setelah penjurian dan pameran. Penasaran siapa pemenangnya? Tunggu hasilnya hari Jumat nanti. 🙂

[r]


  • 0

SKI ‘Berpetualang’ ke IAIN Surakarta

Sentra Kegiatan Islam (SKI) FKIP UNS telah mengadakan kunjungan silahturrahim ke Lembaga Dakwah Kampus (LDK) IAIN Surakarta pada Sabtu, 31 Oktober 2015. Kunjungan diikuti kurang lebih 50 orang, dari SKI FKIP UNS dan LDK IAIN Surakarta. Pertemuan dilaksanakan di Masjid Al-Bukhari IAIN Surakarta.

Selayaknya acara kunjungan, acara dibuka dengan bacaan basmalah kemudian pembacaan tilawah dari pihak IAIN dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum IAIN Surakarta, Muhammad Nurul Ihsan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang lembaga dakwah masing-masing kampus. Dimulai dari ketua umum IAIN memaparkan bidang-bidang yang ada di LDK IAIN Surakarta kemudian dilanjutkan oleh ketua umum SKI FKIP UNS, Taufik Ahmad Fahrudin. Sampai akhirnya masuk ke acara inti, yaitu diskusi. Acara diskusi dilakukan secara terpisah antara ikhwan akhwat. Setelah mendapatkan arahan dari MC, masing-masing melingkar untuk memulai diskusi. Diawali oleh sambutan singkat dari pihak IAIN, acara diskusi dimulai. Diawali dengan memaparkan program kerja di masing–masing perwakilan dari tiap bidang dan departemen. Baik pihak SKI FKIP UNS maupun IAIN Surakarta saling mengajukan pertanyaan. Acara ini berlangsung dengan ketatnya karena antusias penanya yang tinggi dan respon yang memuaskan.

Tidak terasa hingga di ujung acara, karena keterbatasan waktu, acarapun harus diakhiri. Setelah ditutupnya acara oleh MC, acara terakhir adalah sesi foto bersama di halaman masjid Al-Bukhari. Harapan diadakannya acara kunjungan ini adalah semakin eratnya jalinan ukhuwah dari dua lembaga dakwah dan juga berbagi perkembangan dakwah di masing-masing lembaga. [Adhe]


  • 0

Donor Darah

Category : UMUM

X4 dipage2 DONOR DARAH

 

“Setetes Darahmu Menyatu Dalam Senyuman”

Ayo donorkan darahmu, tebar manfaat, peduli sahabat dan hidup sehat…
Jumat 16 Oktober 2015
Bertempat di Lobi Gd. D FKIP UNS
Jam 08.00-selesai 😀

Free Makanan Sehat dan Gantungan Kunci Cantik…
Datang dan Donorkan Darahmu

#MerekaSelamatKitaSehatSemuaBahagia
#IslamicWeek4


  • -

SEMINAR KEPEMUDAAN

Category : UMUM

IMG-20151016-WA0003

Kebangkitan Islam sudah semakin dekat..

Sebagai pemuda, sudah sepantasnya menjadi pelopor atas kemajuan umat

Apa yang bisa diberikan oleh pemuda untuk mewujudkannya…

Hadirilah !!
SEMINAR KEPEMUDAAN
Tema: “Wasiat Emas Pemuda Sebagai Pelopor Kebangkitan Islam”
waktu: Sabtu, 17 oktober 2015
Tempat : Aula utama masjid Nurul Huda UNS
pembicara :
1. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, SH., M.Hum
2. M. Ikhlas Thamrin, SH

Datang dan ajaklah teman

Free untuk Umum…


  • 0

Training Kecantikan Muslimah

Category : UMUM

12032971_958928280797385_6486706873494330284_n

Pengen tampil cantik tapi tetap Syar’i?

Bingung mau tanya ke siapa?

Malu karena nggak ada temennya?

just take a rest!!!

Akan hadir Training Kecantikan Muslimah

Proud To Be Muslimah

Beautiful Inside, Great Outside

apa itu?

Well, ini acara kekinian khusus kamu cantik…

Akan ada Demo Facial buat kamu yang pengen lihat langsung perawatan wajah cantikmu…

Juga,,, Demo Make Up Wajah cantik agar tau caranya make up simple tapi tetep menarik….

Dan yang di tunggu- tunggu Tutorial Hijab Syar’i. Cantik akan latihan langsung dari yang ahli bagaimana berhijab asyik tapi tetep syar’i

kapan ya…?

Training seru ini akan diadakan pada :

Jum’at, 16 Oktober 2015

Pukul 12.30 WIB

Di Ruang Seminar NHIC

 

Only 5K buat kamu yang daftar  sekarang

7K buat kamu yang OTS

So, apa yang kalian tunggu cantik

Segera daftarkan diri dan ajak temen – temen sebanyak – banyaknya buat acara unik ini

Let’s Join Us


  • 0

Golden Step #3 | Training Pemuda Islam SKI FKIP UNS

Category : AGENDA

11960100_993903303965245_8679015958147745477_n

 

GOLDEN STEP 2015 : Grow To Be Legend, Struggle To Be Champion
Sabtu-Ahad, 19-20 Sept 2015 | Tawangmangu | HTM : 25k

Agenda spesial dari SKI FKIP UNS untuk kalian MAHASISWA MUSLIM FKIP UNS angkatan 2015,
pemuda yang mau berubah menjadi generasi yang mandiri, tangguh, dan kreatif.

x : agenda apa kak ?
y : Training Pemuda Islam GOLDEN STEP #3
x : apaan tuh kak ?
y : GS adalah salah satu agenda besar SKI sebagai gerbang pertama bagi mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan dakwah kampus, dek.
x : Ohhh.. emang acaranya apa aja kak ?
y : banyak dek, ada training kepemudaan, perkenalan keorganisasian, game, outbound, dan lain-lain. seru, asyik deh pokoknya.
x : kapan sih kak itu acaranya ?
y : 19-20 September 2015 di Tawangmangu dek
x : wah, kayaknya menarik. pengin ikutan kak. gimana cara daftarnya ?
y : caranya gini dek . ketik : GS#3_Nama_Prodi_No.HP kirim ke 085741828246 (Ahmad) untuk maru putra, 087848428945 (Unin) untuk maru putri.
x : ok deh kak aku kirim nih, makasih infonya
y : sama-sama dek. semoga bermanfaat

Yuk, jangan ketinggalan buruan daftar GOLDEN STEP#3.
info lebih lanjut:
kunjungi stand kami mulai 27 Agustus 2015 di selasar MASJID NURUL HUDA UNS.

Narahubung klik di http://jnukmi.uns.ac.id/2015/09/16/golden-step-3-training-pemuda-islam-ski-fkip-uns/ atau http://ski.fkip.uns.ac.id/