Khasiat Menjaga Wudhu

Wudhu adalah ibadah yang sangat ringan dan mudah untuk dilakukan. Wudhu juga Sebagai salah satu syarat sah shalat, maka seseorang yang hendak melaksanakan rukun Islam yang kedua tersebut harus wudhu terlebih dahulu. Jika tidak, maka shalatnya dianggap tidak sah. Kecuali kalau tidak ada air atau terkena penyakit, maka ia bisa mengganti wudhu dengan tayamum.

Di antara sunnah Nabi-Nya yang mulia adalah menjaga wudhu. Setidaknya, seorang muslim berwudhu minimal lima kali dalam sehari, setiap hendak mendirikan shalat fardhu. Kuantitas ini akan bertambah seiring dengan bertambah kualitas kecintaannya kepada Nabi yang mulia. Bahkan, jika seorang muslim memperbarui wudhu saat hendak shalat, meski belum batal, baginya tercatat sunnah yang mulia.

Wudhu tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan diri atau bersuci dari hadats kecil. Ada banyak sekali manfaat lainnya yang dapat diperoleh ketika seorang hamba menjaga wudhu sepanjang hari. Lalu apa saja manfaat dari segi kesehatan maupun manfaat segi agama dari menjaga wudhu itu?

Diantaranya adalah :

1. Mensucikan Diri

Ketika kita hendak shalat dan membaca Al-Qur’an, maka kita harus berwudhu terlebih dahulu. Karena, secara agama jiwa kita telah kotor dikarenakan sibuk dengan urusan dunia. Dengan wudhu, itu semua akan terlepas dan melaksanakan ibadah juga sudah boleh dilakukan.

2. Meraih doa para malaikat

Seseorang yang tidur dalam keadaan bersih (sudah berwudhu), maka malaikat selalu menemani dan mendoakannya. Malaikat adalah mahluk yang senantiasa mematuhi perintah Allah SWT. Jadi jika kita didoakan oleh malaikat, niscaya doanya dikabulkan oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.).

3. Terjaga dari nafsu jahat dan maksiat

Aura mereka senantiasa positif. Pikiran dan hatinya bersih. Saat melihat yang haram, mereka langsung menundukkan pandangan seraya memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala.

Insya Allah terjaga dari kemungkinan berbuat maksiat karena kita dalam keadaan beriman dan bersuci. Rasulullaah SAW bersabda :

اعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ وَلاَ يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوءِ إِلاَّ مُؤْمِنٌ

Artinya : “.. dan ketahuilah sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidaklah menjaga wudhu melainkan orang-orang yang beriman.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad; shahih)

4. Menjaga  Kesehatan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Membasuh wajah pada saat wudhu mampu meremajakan dan merelaksasi sel kulit di sekitar wajah, sehingga dapat mencegah keriput pada wajah. Saat membasuh wajah, maka efek positif pun akan di dapatkan oleh tubuh yang berpengaruh tehadap organ intim manusia, seperi: sistem syaraf, sistem reproduksi, usus, maupun ginjal. Hal ini di dukung oleh penemuan sistem hydromassage, yaitu pengobatan modern yang sarana utamanya adalah menggunakan air. Dijelaskan juga bahwa ujung jutaan syaraf sistem metabolisme tersebar pada seluruh kulit.

5. Membantu Mendekatkan Diri Kita Kepada ALLAH SWT

Wudhu bisa dikatakan sebagai jembatan dari beberapa ibadah utama dalam islam. Sebab wudhu mampu membiasakan diri agar selalu menjaga diri dari apapun yang dapat membatalkan wudhu.

6. Wajahnya bersih, segar, dan bercahaya

 Saudara-saudara kita yang senantiasa menjaga wudhunya. Wajahnya bercahaya. Senyumnya sumringah dan inspiratif, serta memancarkan aura yang positif dalam dirinya sehingga dapat menimbulkan hal yang positif pula bagi kehidupannya.

7. Menghapus dosa, meninggikan derajat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ أَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ. قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ

 إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ

Artinya: “Maukah kalian untuk aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Menyempurnakan wudhu pada kondisi yang susah (seperti keadaan yang sangat dingin), banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat. Maka itulah ribath.” (HR. Muslim)

Demikianlah khasiat atau manfaat yang dapat kita peroleh apabila menjaga wudhu, semoga kita semua senantiasa mampu untuk selalu mengamalkan ibadah baik yang kecil maupun yang besar karena semua ada balasannya dari Allah SWT. Selalu Berlomba-lombalah dalam hal kebaikan untuk dapat memperoleh rida-nya. Semoga bermanfaat. ^_^

Sumber :

https://sampaikanwalauseayat.blogspot.com/

bersamadakwah.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *